Pengertian Sudut Fase dan Beda Fase dalam Arus Bolak-Balik

Pengertian Sudut Fase dan Beda Fase dalam Arus Bolak-Balik – Pada kesempatan ini admin Rumus Fisika akan berbagi tentang Pengertian Sudut Fase dan Beda Fase dalam Arus Bolak-Balik yang merupakan bagian dari Kumpulan Rumus Fisika SMA Kelas 12. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami dengan baik Pengertian Sudut Fase dan Beda Fase dalam Arus Bolak-Balik.

Pengertian Sudut Fase dan Beda Fase dalam Arus Bolak-Balik

Arus dan tegangan bolak-balik (AC) dapat dilukiskan sebagai gelombang sinussoidal, jika besarnya arus dan tegangan dinyatakan dalam persamaan :

Arus dan tegangan bolak-balik (AC)

Di mana ωt atau (ωt + 90o) disebut sudut faseyang sering ditulis dengan lambang Ө. Sedangkan besarnya selisih sudut fase antara kedua gelombang tersebut disebut beda fase. Berdasarkan persamaan antara tegangan dan kuat arus listrik tersebut dapat dikatakan bahwa antara tegangan dan kuat arus listrik terdapat beda fase sebesar 90odan dikatakan arus mendahului tegangan dengan beda fase sebesar 90o. Apabila dilukiskan dalam diagram fasor dapat digambarkan sebagai berikut :
Grafik arus dan tegangan sebagai fungsi waktu dengan beda fase 90o
Grafik arus dan tegangan sebagai fungsi waktu dengan beda fase 90o

Contoh Soal

Dalam suatu rangkaian arus bolak-balik, persamaan antara arus dan tegangan dinyatakan dalam persamaan I = Imax sin ωt dan V = Vmax sin (ωt -45o).Jelaskan apa artinya!

Penyelesaian :

Dalam rangkaian tersebut berlaku bahwa arus mendahului tegangan dengan beda fase 45o
Pengertian Sudut Fase dan Beda Fase dalam Arus Bolak-Balik | Admin | 4.5
Leave a Reply